Doraemon, Robot Kucing Tanpa Telinga dan Takut Tikus

kue doraemon

Doraemon, adalah seekor robot kucing dari abad 22 berwarna biru. Lahir pada 3 september 2112. Tinggi badannya sekitar 130 cm juga beratnya sekitar 130 kg. Seperti yang semua orang tau, makanan kesukaannya adalah dorayaki. Ia dikirim dari abat 22 ke abad 20 untuk menolong nobita. Ia sangat menyayangi nobita, ia juga robot yang loyal. Meskipun sedang dalam kesusahan, doraemon selalu membantu nobita.

Sebuah serial manga dan anime menceritakan bahwa doraemon adalah robot yang dibuat oleh nobita sendiri. Ia sempat berpindah pindah tempat sejak pertama kali dibuat. Maka dari itu dia mengalami pembaharuan pada tubuhnya. Sebenarnya warna asli doraemon adalah kuning (untuk keperluan rumah tangga) . setelah mengalami pembaharuan tubuhnya di cat menjadi warna biru. Diceritakan, ada sebuah kesalahan saat doraemon menjalani proses produksi. Ia gagal melewati uji coba lalu berhasil di lelang kepada keluarga kelas bawah yaitu keturunan nobita.

Sampai saat dia mendapatkan “majikan” baru, tubuhnya masih berwarna kuning. Hingga suatu hari saat ia sedang bekerja, sebuah robot tikus menggigit telinganya hingga harus diamputasi. Selain merasa sakit, pasti doraemon merasa sedih. Seperti yang kita tahu, doraemon memiliki semua yang orang butuhkan, akhirnya ia menggunakan cairan penumbuh untuk mencoba mengembalikan telinganya yang diamputasi. Sayangnya, ia salah mengambil cairan yang mengakibatkan cat di tubuhnya luntur. Itulah sebabnya doraemon berwarna biru, tidak memiliki telinga dan takut terhadap tikus.

Ada sumber lain yang mengatakan bahwa doraemon dibuat sendiri oleh nobita saat usianya berumur separuh baya dan sudah bersama keluarga nobita sejak pertama kali dibuat. Meskipun gagal dalam tahap uji coba, doraemon menjadi robot canggih dan hebat yang bisa menyelesaikan berbagai macam masalah.

Selain itu, meskipun ia adalah sebuah robot tapi ia memiliki perasaan seperti manusia. Ia bisa merasa senang, sedih, takut, marah, gembira, simpati, dan masih banyak lagi. Ia juga berubah menjadi karakter yang tempramental saat sedang bertengkar dengan nobita.

Doraemon memiliki tubuh yang sensitif, meskipun hanya kehilangan sebuah mur, ia tidak dapat beraktifitas dengan normal. Saat seperti inilah doraemon harus menjalani servis layaknya barang elektronik pada umumnya. Saat sedang di servis, dorami (adik doraemon) yang membantu doraemon menjaga nobita.

Seperti yang kita semua ketahui, doraemon memiliki berbagai macam alat yang dapat menyelesaikan masalah, diantaranya adalah kantong ajaib (kantong 4 dimensi yang didalamnya terdapat berbagai macam benda), mesin waktu (mesin yang bisa membawa kita menjelajah waktu), pintu kemana saja (pintu yang bisa membawa kta menuju tempat dimanapun kapanpun), baling-baling bambu (digunakan untuk terbang) dan masih banyak yang lainnya.

Untuk pertama kalinya doraemon muncul dalam sebuah manga dalam 6 judul majalah anak-anak di jepang. Cerita doraemon yang ada dalam majalah itu berbeda-beda. Sejak pertama kali muncul pada tahun 1969, cerita Doraemon telah dikumpulkan dan dibagi ke dalam 45 buku yang dipublikasikan sejak tahun 1974 sampai 1996, dan telah terjual lebih dari 80 juta buku pada tahun 1992. Pada tahun 2005, Shōgakukan menerbitkan sebuah serial tambahan sejumlah 5 jilid dengan judul Doraemon+ (Doraemon Plus), dengan cerita yang berbeda dari 45 jilid aslinya.

Saat ini tidak hanya komik, tapi doraemon sudah dapat kita jumpai dalam serial kartun animasi juga. Tak hanya di jepang, kita bisa dengan mudah menemukan berbagai macam pernak pernik bernuansa doraemon di indonesia. Dari komik, boneka, baju, hiasan, sampai pada cookies. Penasaran kan cookies berbentuk doraemon seperti apa? Tunggu apalagi? Ayo order sekarang juga!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *