Olaf Ingin Merasakan Musim Panas

kue frozen olaf

“Hi, everyone I’m Olaf and I like warm hugs!”. Ayo, siapa sih yang tidak tau dengan kalimat ikonik itu?. Siapa juga yang ga kenal Olaf yang menjadi salah satu karakter pada film Frozen?. Jangan ngaku pecinta frozen deh, kalo ga tau karakter yang satu ini . Olaf merupakan boneka salju yang dibuat oleh Elsa dan Anna saat mereka berdua semasa kanak-kanak. Kemudian, setelah Elsa pergi meninggalkan Arendella pada sesi adegan “Let It Go”, Elsa pun membuat kembali boneka salju ini. Bentuk Olaf tidak begitu sempurna, layaknya boneka salju yang dibuat oleh anak-anak kecil karena dibuat seadanya. Namun tanpa menyadari hal tersebut, akhirnya boneka salju itu dapat berperan untuk mencari Anna.

Kalian tau ga, apa yang menjadi kemampuan dari Olaf ini? . Yaap, boneka salju yang dapat hidup ini mempunyai bagian-bagian tubuh yang bisa terpisah, lho. Maka dari itu, Olaf memilki kekebalan terhadap rasa nyeri. Wah.. Hebat bukan ? . Pastinya, kalian ingin menjadi Olaf . Hehehe .

Karakter Olaf ini disulih suara oleh aktor sekaligus komedian bernama Josh Gad. Josh Gad ikut serta membantu pembuatan proses penciptaan karakter Olaf yang hingga kini kita kenal. Menurut Josh Gad dan Ko-Direktor film Frozen ini yaitu Jennifer Lee mengatakan bahwa Olaf yang sekarang kita kenal mengalami perubahan yang amat drastis.

Pada awalnya, karakter Olaf merupakan satu-stunya manusia salju pada film yang menjadi pemimpin pasukan manusia salju raksasa tempur dengan watak yang amat sangat jahat yang mengabdi dengan setia kepada Elsa pada versi jahat.

Namun kemudian, karakter Elsa yang berubah menjadi tokoh karakter dengan watak baik, maka berubah pula Olaf yang baik dengan bentuk badan yang dikecilkan dengan bentuk yang hingga sekarang kita kenal.

Nah, sebenarnya karakter Olaf ini kehilangan tujuan mengapa sebenarnya ia diciptakan untuk film. Olaf juga tidak dapat dimasukkan seenaknya ke dalam alur cerita pada film tanpa ada tujuan sekaligus maknanya. Pada akhirnya, Olaf pun menjadi lambang ikatan antara dua saudara pada masa kanak-kanak yang tidak lain dan tidak bukan Elsa dan Anna yang sangat amat dekat antara satu dengan yang lainnya setelah melalui proses yang begitu panjang. Karena menjadi sebuah ikatan pada masa kanak-kanak, karakter Olaf pun akhirnya memilki watak atau pun tingkah laku kekanak-kanakan.

Kalian tau lagu “In Summer” ga sih? . Lagu khusus untuk Olaf itu. Satu-satunya lagu yang dinyanyikan untuk fokus menceritakan diri, harapan, mimpi yang ada pada diri Olaf, lho. Lagu ini diciptakan oleh Kristen Anderson-Lopez dan juga Robert Lopez. Lagu ini juga merupakan bagian dari trek 7 dalam album Frozen ( Original Motion Picture) / (Original Motion Picture-Two Disc~Deluxe Edition).

Sebenarnya, apa sih makna yang terkadung pada lagu ini?

Makna yang terkandung yaitu kenaifan, kepolosan, mimpi yang tragis bahkan sulit untuk dicapai. Penulis lebih memaknai keseluruhan isi lagu daripada dibagi-bagi tiap bait seperti yang terkandung pada lagu “Let It Go” dan “For the First Time In Forever (Resprise)”.

Olaf merupakan karakter manusia salju dari awal dia diciptakan hingga hidup di tempat sepanjang matanya memandang hanyalah sebuah hamparan es dan salju. Sebenarnya, sang penulis tidak tau darimana asal ide Olaf ingin menikmati musim panas, mungkin diantara kalian ada yang tau?.

Lagu ini sangat cocok saat ada acara kumpul bersama untuk seru-seruan untuk siapa pun. Karena lagu ini memilki irama yang begitu ringan dengan lirik-lirik yang lucu. Mendengarkan dan menyanyikan lagu ini, bisa membuat diri kita masuk ke dalam alam mimpi Olaf ketika berkhayal berada pada musim panas dengan kegiatan-kegiatan minum teh, piknik dan berjemur. Kemudian berkhayal memilkii teman dengan spesies yang sama yang kemudian menikmati musim panas panas bersama dengan kegiatan yang umumnya dilakukan saat musim panas. Memang begitu tragis  dan mustahil, lagu ini juga menujukkan kenaifan dan kepercayaan diri yang tinggi pada diri Olaf untuk mewujudkan keinginnya dan impiannya ini.

Pada lagu “ In Summer” ini juga, menceritakan bahwa dibalik kecerian dan tingkah laku kekanak-kanakannya, Olaf pun bisa merasakan kesepian dan memilki segudang pertanyaan untuk sekelilingnya. Olaf memilki beberapa memori saat-saat dia diciptakan yang hidup sendirian pada hamparan salju disekelilinya tanpa ada yang menemani.

Sebelum ditemukan oleh Anna, Kristoff dan Sven, Olaf juga pernah mengalami masa-masa sulit dimana dia sering bermimpi dan merenung dibawah sengatan sinar matahari yang membuat tubuhnya menguap. Kemudian hal yang lucu pada lagu ini, yaitu saat bagian lirik terakhir dimana Kristoff bersiap-siap untuk berkata jujur agar keadan berubah menjadi sebuah realita sesaat setelah Olaf selesai bernyanyi, tapi Anna tidak akan membiaran Kristoff berbuat yang demikian yang mengartikan bahwa Kristoff dapat menghancurkan mimpi Olaf.

Waah… Kalian yang belum mendengarkan lagu “In Summer” diluar film Frozen pasti penasaran ingin mendengarkannya. Yuk, dengarkan sambil bersantai. Kurang rasanya jika tidak dengan memakan cookies berkarakter Olaf. Di kami menyediakan lhooo,  cookies dengan karakter  Olaf.  Pasti sangat cocok menemani kalian untuk bersantai sambil mendengarkan lagu “In Summer”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *