Sambut Hari Kemenangan Dengan Hati Yang Suci

kue lebaran

Indonesia sebagai negara yang penuh akan budaya pasti mempunyai ciri khas dalam berbagai acara. Seperti adanya lomba saat 17 agustus atau mudik saat libur panjang.

Saat ini umat muslim sedang menjalankan ibadah puasa, sudah mencapai pertengahan. Idul fitri, adalah suatu momen paling istimewa atas seluruh hari. Oleh karena itu, rasa ingin merayakan adalah hal yang sangat lumrah. Hari raya Idul Fitri atau biasa disebut lebaran dikenal sebagai hari yang suci. Pasalnya pada idul fitri kita kembali suci seperti bayi yang baru dilahirkan.

Sebelum merayakan hari raya idul fitri, Umat muslim diseluruh dunia menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh yang disebut dengan bulan ramadhan. Selama sebulan penuh, kita belajar mengendalikan keinginan dan hawa nafsu. Selain harus berhenti makan dan minum dari terbit fajar sampai matahari tenggelam, kita juga harus mengontrol emosi.

Intinya bulan ramadhan adalah bulan untuk lebih meningkatkan iman kita. Setelah seharian berpuasa, saat adzan magrib berkumandang, umat muslim yang berpuasa diperbolehkan untuk berbuka puasa. Rasa lapar dan haus yang dirasakan seharian hilang setelah berbuka. Ini membuat umat islam selalu ingat untuk merasa bersyukur atas semua yang kita punya. Kita harus memikirkan tentang saudara-saudara kita diluar sana yang tidak seberuntung kita.

Selama bulan ramadhan, kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk saling berbagi dengan orang lain karena semua umat muslim adalah saudara. Saat saat seperti ini membuat kita menjadi lebih dekat dengan Sang Pencipta, Allah SWT.

Bulan ramadhan adalah bulan yang paling berharga sepanjang tahun. Bulan ramadhan adalah bulan dimana pintu surga terbuka luas dan pintu neraka tertutup rapat beserta setan-setan didalamnya. Setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh dan bulan ramadhan berlalu, tibalah bulan syawal. Dibulan syawal lah umat islam merayakan idul fitri. Sehari sebelumnya, seluruh pelosok negeri akan mengumandangkan takbir seraya mengucap syukur pada Allah SWT.

Saat idul fitri seluruh umat islam pergi ke mesjid untuk shalat sunnah eid berjamaah. Biasanya idul fitri adalah momen untuk berkumpul dengan keluarga. Makan bersama dan saling bermaaf-maafan dengan harapan bahwa semua dosa-dosa kita dapat terhapus juga agar tidak ada lagi dendam yang tersisa di hari yang suci. Inilah sebabnya, saat idul fitri kita umat islam bagaikan  terlahir kembali.  Kondisi seperti ini akan membantu kiita untuk menjaga tali persaudaraan.

Berikut adalah tradisi unik yang ada di Indonesia saat Idul Fitri:

  1. THR, biasanya setiap perusahaan akan memberikan bonus tambahan kepada karyawan mereka, atau bahkan antara keluarga pun ikut memberikan THR. Dari mereka yang lebih tua akan memberikan THR kepada yang lebih muda.
  2. Baju Lebaran, Baju lebaran atau baju baru adalah hal yang dianggap wajib ada, meskipun bukan itu makna lebaran yang sebenarnya.
  3. Ketupat dan opor ayam, Makanan ini juga selalu ada saat lebaran. Bahkan ketupat menjadi simbol bagi hari raya umat islam ini.
  4. Mudik, karena lebaran dimanfaatkan sebagai momen untuk berkumpul bersama keluarga, orang orang yang merantau akan pulang ke kampung halamannya masing-masing.
  5. Petasan dan kembang api, biasanya selepas shalat sunnah eid orang orang akan menyalakan kembang api dan petasan untuk merayakan “hari kemenangan”.
  6. Kue lebaran, nah kue lebaran juga dianggap wajib ada saat lebaran. Jauh-jauh hari para ibu dirumah pasti sudah mulai membuat kue lebaran. Tapi tenang, untuk ibu yang tidak memiliki waktu untuk membuat kue lebaran sekarang cupreme cookies meneyediakan berbagai cookies dan nastar yang enak lucu dan banyak penawaran paket yang pasti lebih hemat.

Jangan lupa beli kue untuk lebaran ya!